Cara Membuat Jurnal Skripsi yang Baik dan Benar

Jurnal skripsi adalah sebuah karya tulis yang memuat beberapa referensi yang digunakan sebagai salah satu referensi penulisan. Penulisan tersebut tidak hanya sebatas laporan penelitian saja, bisa juga review literatur. Bagaimana cara membuat jurnal yang baik dan seperti apa contohnya?

Cara Membuat Jurnal Skripsi

Cara Membuat Jurnal Skripsi

Judul Jurnal

Langkah awal dalam cara pembuatan jurnal tidak lain adalah menentukan judul. Sangat disarankan untuk mencari judul yang menarik dan bagus. Judul yang menarik nantinya akan membuat pembaca tertarik dan mengetahui secara garis besar poin apa yang di bahas pada jurnal tersebut.

Abstrak

Abstrak berbeda dengan kesimpulan. Abstrak merupakan tulisan yang menggambarkan inti pokok dari pembahasan tersebut. Dalam penulisannya, abstrak diharuskan ditulis dengan rapi, padat, jelas dan objektif. Disisi lain, penulisannya juga berdiri tunggal. Artinya tidak ada kutipan ataupun catatan kaki.

Batas minimal penulisan abstrak adalah kurang lebih 250 kata. Di dalamnya setidaknya memuat tujuan, metode yang digunakan, hasil dan kesimpulan singkat dari jurnal tersebut.

Pendahuluan

Seperti pada pembuatan tulisan lainnya, untuk jurnal skripsi juga harus membuat pendahuluan terlebih dahulu. Pendahuluan biasanya berisi tentang tema yang dibahas. Adapun di dalamnya mencakup pembahasan latar belakang hingga manfaat dari tulisan yang dibuat.

Metode Penelitian

Metode penelitian berisikan tentang tahap dan percobaan apa saja yang Anda lakukan dalam penelitian tersebut. Unsur-unsur yang termuat dalam bagian ini diantaranya adalah metode pengumpulan data, bagaimana cara mengendalikan masalah dan lokasi pengumpulan data.

Dalam penulisannya diharuskan mendetail dan mudah dipahami banyak orang. Tujuannya adalah agar pembaca nantinya dapat mengetahui apa yang ingin disampaikan dan pokok utama pembahasan.

Hasil Penelitian atau Percobaan

Sesuai dengan namanya, pada bagian ini Anda menuliskan tentang hasil percobaan ataupun penelitian yang telah dilakukan secara singkat dan jelas. Penjelasan bisa berupa teks, tabel, diagram dan gambar yang relevan. Data yang disajikan harus objektif dan dipertanggungjawabkan.

Pembahasan

Langkah selanjutnya dalam pembuatan jurnal adalah menjelaskan dari data yang diperoleh tadi. Penjelasan diharuskan membahas poin inti dari masalah yang diangkat dan boleh membandingkan 2 variabel yang saling berhubungan maupun tidak. Dalam pembahasan juga ada kemungkinan hasilnya sama dengan penelitian yang telah dilakukan orang lain. Namun tidak menutup kemungkinan juga berbeda.

Kesimpulan

Setelah melakukan pembahasan dan analisa, maka terakhir ditutup dengan kesimpulan dari seluruh jurnal tersebut. Anda bisa mengambil kesimpulan dari hasil percobaan ataupun penelitian yang telah dilakukan. Kesimpulan bisa diambil dari data-data yang telah diperoleh sebelumnya.

Daftar Pustaka

Di akhir jurnal, Anda setidaknya menuliskan beberapa daftar pustaka yang berisikan data variabel ataupun literatur yang digunakan sebagai rujukan penelitian. Contohnya adalah Anda mengambil kutipan dari buku A, statemen dari para ahli dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat jurnal skripsi. Setelah memahami bagaimana cara membuatnya anda bisa meihat contoh jurnal skripsi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel